Menikmati santai sambil minum kopi tentu menjadi suatu hal yang sangat menyenangkan. Bahkan, sambil bekerja dan ditemani secangkir kopi pun seolah membuat suasana menjadi lebih nyaman, pikiran lebih tenang dan tubuh menjadi lebih bugar. Sebagai salah satu minuman yang kaya akan nutrisi dan mengandung antioksidan yang bagus untuk kesehatan, sejak dulu kopi telah menjadi salah satu minuman favorit banyak orang.

Berbicara tentang kopi, kita semua tentunya sudah tahu bahwa kopi adalah minuman yang kaya manfaat dengan aroma yang begitu harum lagi menggugah selera. Kopi telah diketahui memiliki manfaat yang baik untuk jantung dan menjaga seseorang tetap waspada karena kandungan kafeinnya. Selain itu kopi juga mengandung antioksidan dan senyawa lain yang dapat mencegah beberapa jenis kanker dan penyakit serius lainnya.

Dosis kopi yang ideal untuk dikonsumsi adalah sebanyak 2 cangkir per hari agar tidak menyebabkan kecanduan. Untuk mendapatkan manfaat sehat kopi, konsumsilah kopi setiap hari dengan dosis menengah atau moderat.

Salah satu jenis kanker yang dapat dicegah yaitu kanker kulit (melanoma). Dengan mengkonsumsi kopi, maka akan dapat mengurangi resiko terkena kanker kulit / melanoma. Seperti dimuat laman Power of Positivity, Jumat (24/2/2017), sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of The National Cancer Institute menunjukan fakta bahwa orang yang rutin mengonsumsi kopi lebih dari empat cangkir setiap harinya 20 persen lebih rendah risikonya mengidap melanoma dibandingkan mereka yang tidak rajin mengonsumsi kopi.

Para peneliti berpendapat, kandungan dalam kopi seperti antioksidan dan juga phytochemicals yang merangsang produksi hormon dopamine, serotonin serta norepinephrine sangat baik untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh. Kadar antioksidan yang tinggi di dalam kopilah yang bisa membantu seseorang terhindar dari risiko mengidap penyakit kanker kulit. Jumlah antioksidan yang dikandung kopi jauh lebih banyak daripada yang ada pada buah dan sayur.

Walaupun kopi memiliki banyak manfaat bagi tubuh, tapi penting juga untuk memperhatikan efek sampingnya. Komposisi utama kopi adalah kafein yang dikenal berfungsi sebagai stimultan. Jika terlalu banyak mengonsumsi kopi maka dapat berakibat insomnia, nervus, iritabilitas, jantung berdetak dengan cepat, tremor otot, dan gangguan lambung.

Sumber :

http://www.vemale.com/kesehatan/97257-keajaiban-kopi-mencegah-kanker-mencerdaskan-otak.html

https://health.detik.com/read/2012/09/28/153557/2043486/766/konsumsi-kopi-dapat-mencegah-10-penyakit-ini

http://health.liputan6.com/read/2867066/kanker-kulit-bisa-dicegah-dengan-minum-kopi-setiap-hari

http://www.medicalnewstoday.com/articles/288316.php

0