GREBEG DESA

grebeg-desa-kompak-fk-udayana-2021

Grebeg Desa merupakan program kerja pelayanan kesehatan di bawah Departemen Pengembangan Masyarakat (Pengmas) BSO Kompak FK Unud. Pada kegiatan ini, kita bisa turun ke lapangan berinteraksi langsung dengan masyarakat. Grebeg Desa berfokus kepada 2 hal, yaitu pencegahan dini kanker serviks dan kanker payudara serta meningkatkan pengetahuan masyarakat dan siswa siswi SMP dan SMA. Adapula pelatihan bagi tenaga-tenaga di bidang medis oleh para ahli di bidang kanker yang disebut dengan “Training of Trainers”.

Pada tahun 2021, Grebeg Desa dilaksanakan dalam bentuk pemberian donasi dan penyebaran informasi mengenai kanker mengingat meningginya angka kejadian Covid-19. Grebeg Desa 2021 mengambil tema “Pengakaran Sistem Pencegahan Kanker dalam Masyarakat melalui: Promosi, Edukasi, dan Prevensi”

Adapun rangkaian kegiatan Grebeg Desa 2021 terdiri atas 5 kegiatan yang berbeda, meliputi:

1. Open Donasi

Kegiatan open donasi akan dilaksanakan melalui rekening / lembaga, hasil donasi nantinya akan digunakan untuk membeli sembako berupa beras, minyak goreng, telur dan mie. Kegiatan ini akan dilaksanakan mulai 28 Februari 2021.

2. Penyerahan Donasi

Penyerahan Donasi merupakan kegiatan puncak dari Grebeg Desa 2021. Dimana pada kegiatan ini panitia dan AM akan membantu menyalurkan donasi utamanya pada masyarakat penderita kanker dan terdampak COVID untuk meringankan beban masyarakat. Kegiatan penyerahan donasi akan dilakukan pada 29 Mei 2021 di Desa Gubug, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan, Bali.

3. Penyuluhan

Kegiatan ini bertujuan untuk membantu akses informasi mengenai kanker dengan memberi edukasi pada masyarakat. Penyuluhan dilakukan oleh AM yang didampingi oleh panitia dengan sistem Door to Door bersamaan dengan pembagian donasi dan akan dilaksanakan pada 29 Mei 2021 dengan menggunakan media poster.

4. On Air Radio

On Air Radio merupakan aspek promotif yang difokuskan pada sosialisasi mengenai kanker secara umum yang bertujuan untuk menambah pengetahuan dan memperkenalkan Kompak di masyarakat luas. Pelaksanaan on air radio berupa talkshow dengan dokter pembina Kompak sebagai narasumber. On Air Radio dilaksanakan pada 2 Mei 2021.

5. Penelitian

Penelitian deskriptif dengan subjek kepada masyarakat Desa Gubug, Kecamatan Tabanan dan pengambilan data dilakukan dengan menyebar kuisioner pada saat pembagian donasi yaitu 29 Mei 2021.


POTRET KEGIATAN

grebeg-desa-2021

Sosialisasi ke Masyarakat Sekitar

grebeg-desa-kompak

Foto Bersama Panitia Grebeg Desa

grebeg-desa-kompak-udayana-2021

Pemaparan Materi

Categories
Social media & sharing icons powered by UltimatelySocial