Konsumsi Yogurt Dapat Menurunkan Risiko Kanker Paru?

Yogurt adalah salah satu produk fermentasi susu yang menggunakan bakteri asam laktat Lactobacillus bulgarius dan Streptococcus thermopillus. Yogurt merupakan makanan probiotik yang mudah untuk didapatkan dan kaya akan manfaat khususnya di bidang kesehatan. Saat ini, yogurt diketahui memiliki kemampuan dalam menurunkan kadar kolesterol darah serta berperan dalam menstimulasi sistem imun.1 Selain itu, yogurt juga disebut-sebut memiliki manfat dalam menurunkan risiko kanker paru. Benarkah demikian?
Sebagai salah satu sumber makanan probiotik, dimana probiotik merupakan mikroorganisme hidup yang dapat meningkatkan fungsi pencernaan, yogurt juga berperan dalam inflamasi paru dan mampu meningkatkan fungsi paru tersebut. Pada penelitian yang dilakukan Kaluza, yogurt dan diet makanan berserat berperan dalam menurunkan risiko penyakit paru obstruktif kronis (PPOK).2 Selain itu, pada studi lainnya didapatkan hasil berupa asupan yogurt dan makanan kaya serat yang dapat menurunkan 15 hingga 19 persen risiko kanker paru dengan mempertimbangkan faktor risiko lainnya seperti merokok, dan juga asupan lemak jenuh dan tidak jenuh dari sampel melalui mekanisme anti-inflamatori. Selain itu, ditemukan adanya hubungan antara serat dan yogurt dimana dapat mereduksi risiko kanker paru sebesar 33 persen.3
Konsumsi yogurt tentunya juga perlu disertai dengan penerapan gaya hidup sehat seperti tidak merokok, tidak mengonsumsi alkohol berlebih, serta mengatur pola makan yang sehat dan teratur untuk mendapatkan manfaat yang optimal bagi kesehatan tubuh.
Selain mudah didapat, lezat, dan dapat dibuat sendiri, yogurt juga sangat kaya akan manfaat. Jadi, yuk mulai konsumsi yogurt dan terapkan gaya hidup sehat dari sekarang!

REFERENCE :
1. Fatmawati U, Prasetyo F, T.A MS, Utami AN. KARAKTERISTIK YOGURT YANG TERBUAT DARI BERBAGAI JENIS SUSU DENGAN PENAMBAHAN KULTUR CAMPURAN Lactobacillus bulgaricus DAN Streptococcus thermophillus. Bioedukasi UNS. 2013;6(2):1–9.
2. Kaluza J,Harris H,Wallin A,Linden A,Wolk A. Dietary fiber intake and risk of chronic obstructive pulmonary disease: a prospective cohort study of men. Epidemiology. 2018;29(2):254-260.
3. Jeong Y, Danxia Y, Yong-Bing X, Blot W, White E, Robien K, et al. Association of Dietary Fiber and Yogurt Consumption with Lung Cancer Risk. JAMA Oncology. 2019:1-11.