Perkembangan ilmu pengetahuan saat ini mendorong Komunitas Mahasiswa Peduli Kanker FK Unud untuk terus bergerak mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan. Salah satunya adalah dengan meng-uppgrade pengetahuan dari Anggota Muda (AM) dan Anggota Inti (AI) dalam bidang hard skill dan soft skill. Secara hard skill pengetahuan tentang kanker harus dimiliki guna menurunkan kasus baru kanker dengan cara pencegahan dan deteksi dini yang akan lebih mudah dilakukan ketika faktor risiko dan gejala kanker sudah dikenali.

Sedangkan soft skill juga tidak kalah pentingnya untuk dimilki, soft skill ini diperlukan untuk mengasah kemampuan bersosialisasi menyampaikan edukasi kepada masyarakat mengenai kanker mulai dari pencegahan sampai penatalaksanaannya,  sedangkan kepada penderita kanker kita dapat memberikan rasa empati melalui semangat dan motivasi untuk mengurangi tekanan psikologis pasien sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup pasien.

Kegiatan Upgrading merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya oleh Departemen Pengembangan Sumber Daya Manusia KOMPAK FK Unud sebagai kegiatan wajib yang menentukan kelulusan Anggota Muda (AM) dan Anggota Inti (AI) KOMPAK. Kegiatan Upgrading bertujuan untuk meng-uppgrade hard skill dan soft skill serta rasa memiliki antar anggota organisasi KOMPAK sehingga semakin kompak dalam melaksanakan visi dan misi organisasi. Selain itu dalam kegiatan Upgrading ini juga bertujuan untuk memilih 10 orang bakal calon ketua KOMPAK periode 2017/2018 oleh AM dan AI KOMPAK yang nantinya akan dipilih kembali menjadi 5 orang bakal calon ketua KOMPAK ketika Evaluasi KOMPAK.

Kegiatan Upgrading ini dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 22 April 2017 bertempat di ruang kuliah 4.01&4.02 Gedung Timur FK Unud dari pukul 07.00 s.d. 14.00 WITA. Dengan tema “Together We Upgrade Our Knowledge to Fight Cancer with KOMPAK FK Unud” susunan acaranya yaitu registrasi peserta dan undangan; sambutan-sambutan dari ketua panitia, ketua KOMPAK, ketua BEM FK Unud, dan Pembina KOMPAK yaitu

Dr.dr. I Wayan Sudarsa, Sp.B(K)Onk yang sekaligus membuka acara Upgrading KOMPAK tahun 2017; Pemberian materi oleh David Hizkia Tobing, S.Psi, MA dengan topik “Peran Organisasi KOMPAK dalam mengatasi Kanker” dengan durasi 75 menit dan tanya jawab selama 15 menit; Test pengetahuan umum terkait materi yang diberikan dan organisasi KOMPAK; Game keakraban dan pembagian konsumsi; Sharing Organisasi oleh ketua KOMPAK yaitu Komang Wiswa Mitra Kenwa; Pemilihan 10 bakal calon ketua KOMPAK periode 2017/2018; Pengumuman-pengumuman; Selesai.

Total peserta yang ikut Upgrading tahun 2017 adalah sebanyak 167 orang yang terdiri dari 68 AI dan 99 AM yang sebelum kegiatan sudah dibagi jumlahnya yang AM, AI, dan pengurus KOMPAK kedalam 16 kelompok secara acak yang bertujuan untuk lebih mengakrabkan antar sesama anggota organisasi KOMPAK. Pemberian materi oleh Pak David sangat menarik dan mudah dipahami oleh anggota KOMPAK yang berasal dari 6 Program Studi berbeda di FK Unud, dibuktikan dengan hasil Test rata-rata per kelompok yaitu 80, sehingga dapat disimpulkan bahwa peserta memahami materi yang disampaikan. Kemudian dilanjutkan dengan games keakraban serta pembagian konsumsi oleh panitia. Games ini terdiri dari 2 jenis yaitu :

  1. Game Tabah (Tebak Berhadiah)

Bertujuan : untuk mengasah kemampuan tiap team dan kesungguhan dalam mendengarkan materi yang telah disampaikan oleh pembicara.

Teknisnya : Masing-masing anggota kelompok membuat pertanyaan dan jawaban dari materi selama 15 menit kemudian soal dan jawaban tersebut dikumpulkan secara terpisah dan dimasukkan ke dalam toples yang telah disediakan oleh panitia. Kemudian soal tersebut akan diberikan kepada kelompok lain untuk dijawab dengan durasi 20 menit dan tidak diperkenankan mencari jawabam di internet jika diketahui melanggar akan dikenakan sanksi berupa pengurangan point sebesar 50%. Ketika waktu habis jawaban kelompok tersebut harus dikumpulkan ke panitia. Pada game ini yang menilai adalah dari panitia

  1. Game Korti (Koordinasi Tiap Team )

Bertujuan : untuk mengasah kerjasama antar team dan koordinasi team.

Teknisnya : Setiap team membuat yel-yel dengan durasi waktu minimal 1 menit dan maksimal 3 menit. Dengan kriteria sekocak, semeriah, sesemangat dan sekompak mungkin dengan tema bebas. Pembuatan yel diberikan waktu selama 20 menit. Saat waktu habis, peserta harus siap tampil di depan dengan terlebih dahulu perwakilan kelompok mengambil nomor undian yang sudah disiapkan oleh panitia. Uniknya bukan panitia yang menilai tetapi peserta dari kelompok lain yang menilai. Ketika waktu penilaian selesai untuyk semua kelompok, panitia kemudian mengumpulkan hasil penilaian tersebut.

Nilai dari kedua games ini akan diakumulasikan, kemudian 3 kelompok dengan nilai tertinggi nantinya akan menjadi juara 1,2 dan 3 yang akan diberikan hadiah oleh panitia. Selanjutnya adalah diskusi/sharing organisasi oleh ketua KOMPAK mengenai organisasi KOMPAK serta pengurus-pengurusnya. Kemudian dilanjutkan dengan sesi pemilihan 10 bakal calon ketua KOMPAK yang terdiri dari seluruh pengurus AI KOMPAK dan OR AI KOMPAK non pengurus yang dilaksanakan via website Upgrading selama 1 bulan sebelum acara Upgrading.

0