Dalam satu dekade terakhir, di Indonesia, telah terjadi perpindahan tren penyakit dari Infectious ke penyakit-penyakit non infectious termasuk salah satunya adalah penyakit kanker. Sebagai salah satu organisasi di lingkungan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana yang memiliki concern di bidang Kanker, KOMPAK menempatkan diri sebagai garda terdepan yang bergerak di bidang pencegahan Kanker melalui edukasi. Salah satu wujud nyatanya adalah dengan menyelenggarakan Seminar Regional KOMPAK 2016. Tujuan dari seinar tersebut adalah untuk menambah wawasan masyarakat umum tentang kanker di regional Bali.

Seminar Regional KOMPAK 2016 merupakan program kerja umum Departemen Produksi, Dana, dan Usaha yang paling pertama dilaksanakan dan program kerja BSO KOMPAK yang paling pertama selesai. Seminar Regional 2016 yang dilaksanakan di Ruang Teater Widya Sabha Usada Fakultas Kedokteran Universitas Udayana pada 12 November 2016 memiliki tema “Unravel The Secret of Immunotherapy: Tumor Growth and Immune Suppression”. Penelitian-penelitian yang progressive mengenai Immunotherapy menjadi latar belakng pemilihan tema. Tercatat sejak Januari hingga November 2016, terdapat dua penelitian baru yang telah di approved oleh Food and Drug Administration, yaitu Third PD-1 Pathway Treatment for Bladder Cancer dan Nivolumab (Opdivio) for Hodgkin Lymphoma Patient. Tema tersebut berhasil menghadirkan 177 partisipan yang hadir dalam seminar. Partisipan dalam seminar tersebut terdiri dari mahasiswa kesehatan di regional Bali, masyarakat umum, hingga dokter residen.

1480475578226Terdapat tiga materi yang seharusnya dibawakan oleh tiga dokter pembicara yang dihadirkan langsung dari SMF Bedah Onkologi Rumah Sakit Umum Pendidikan Sanglah. Materi pertama tentang Overview of Cancer dibawakan oleh Prof. Dr. dr. I B Tjakra Wibawa Manuaba MPH, SP. B (K) Onk, FINACS, materi kedua tentang Immunology of Cancer Patient yang dibawakan oleh dr. I Nym. Wawan Tirtha Yasa, Sp. B (K) Onk, dan materi terakhir tentang Immunotherapy of Cancer yang seharusnya dibawakan oleh Dr. dr. I Wayan Sudarsa, Sp.B (K) Onk, MPM sekaligus dibawakan oleh pembicara kedua. 

14804755727641480475583091

0