Penyakit kanker merupakan salah satu penyebab kematian utama di seluruh dunia. Akan tetapi, masih banyak orang yang tidak menyadarinya sehingga hal ini perlu dipromosikan secara luas dan berkesinambungan. Oleh karena itu Komunitas Mahasiswa Peduli Kanker Fakultas Kedokteran Universitas Udayana (KOMPAK FK UNUD) akan melaksanakan peringatan Hari Kanker se-Dunia yang jatuh pada tanggal 4 Februari. Kami mengadakan serangkaian kegiatan untuk menunjukkan kepedulian, serta memberikan semangat kepada saudara-saudara kita yang mengidap kanker serta menggerakkan pemerintah dan individu di seluruh dunia untuk melakukan upaya pencegahan, deteksi dini dan pengobatan terhadap penyakit kanker.

Adapun beberapa rangkaian acara pada HKD tahun ini :

KOMPAK ROAD TO SCHOOL

Kompak Road to School (KRS) dilaksanakan pada tanggal 14 Januari 2017.  Kami menyuluh 3 Sekolah Menengah Atas (SMA) dan 5 Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Denpasar yaitu SMAN 1 Denpasar, SMAN 2 Denpasar,  SMAN 4 Denpasar, SMPN 3 Denpasar, SMPN 5 Denpasar, SMPN 7 Denpasar, SMPN 10 Denpasar, SMP PGRI 4 Denpasar. KRS ini merupakan program penyuluhan kepada siswa SMA dan SMP mengenai apa itu kanker, bahaya kanker, dan pencegahan kanker. Penyuluhan dilakukan oleh anggota muda KOMPAK dengan menggunakan media power point, brosur, dan pamflet. Saat kami melakukan penyuluhan, antusias dari para siswa sangatlah baik dan banyak yang mengajukan pertanyaan yang menandakan mereka sangat ingin mengetahui lebih dalam mengenai apa itu kanker dan pencegahannya.

BERBAGI KASIH

Berbagi kasih dilaksanakan pada tanggal 22 Januari 2017 yang bertempat di Rumah Singgah. Acara berbagi kasih ini kami mulai dari pukul 08.00 WITA pagi hingga pukul 11.15 WITA siang. Disana kami melakukan berbagai kegiatan mulai dari sharing bersama pembicara dr. I Wayan Weta, MS, Sp.GK., pengecekan tekanan darah yang dilakukan oleh panitia dan AM KOMPAK, dan pemberian sumbangan berupa dua buah kursi roda yang dananya didapat dari charity penjualan gelang “we fight cancer”. Acara berbagi kasih ini dihadiri oleh para pasien yang bertempat tinggal di rumah singgah, kepala desa setempat, ketua dan panitia KOMPAK, serta beberapa orang anggota muda KOMPAK . Acara berbagi kasih berlangsung dengan baik hingga akhir acara dan kami melihat para pasien di rumah singgah sangat antusias mengikuti acara berbagi kasih terutama saat pengecekan tekanan darah dan sharing bersama.

KOMPAK FOR CHILDREN

Kompak for children atau biasa disingkat KFC merupakan rangkaian dari kegiatan Hari Kanker se-Dunia yang rutin dilaksanakan tiap tahunnya. KFC ini berlangsung pada tanggal 23 Januari 2017 dan dilaksanakan di Yayasan Peduli Anak kanker (YPAK) yang bertempat tidak jauh dari rumah singgah. Acara ini dimulai dari pukul 14.00 WITA pagi hingga pukul 16.00 WITA. Disana kami bertemu dengan pasien anak kanker dan kami bermain bersama mereka seperti menganyam, membentuk origami, bercerita, dan juga membuat surat kaleng yang dalamnya berisi harapan mereka. Tidak kalah dengan berbagi kasih yang dilakukan di rumah singgah, anak anak di YPAK juga sangat antusias bermain bersama kami.

AKSI SOLIDARITAS

Tanggal 4 Febuari 2017 bertepatan dengan hari kanker dunia, kami Komunitas Mahasiswa Peduli Kanker melaksanakan kegiatan Aksi Solidaritas yang merupakan puncak dari HKD 2017. Kegiatan ini dilakukan dengan longmarch dari kampus Sudirman hingga ke Lapangan Puputan Badung dan melakukan  orasi di sekitar Patung Catur Muka. Kami memulai longmarch dari Kampus Sudirman pukul 08.00 WITA dan setibanya di Lapangan Puputan Badung kami langsung memulai melakukan orasi di sekitrar Patung Catur Muka. Aksol ini diikuti tidak hanya dari Anggota KOMPAK saja, namun  sebelumnya kami mengadakan Open Recruitment Volunteer untuk aksol dan telah terkumpul volunteer dari berbagai lembaga maupun Universitas di Denpasar. Dalam aksol ini kami bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Bali untuk menunjang kegiatan kami baik dalam pengadaan konsumsi, brosur, spanduk, alat tes penyakit tidak menular (cek asam urat dan gula darah) maupun sarana untuk orasi di depan catur muka. Kami melakukan orasi di Catur Muka dan menyebarkan brosur serta pin. Tidak hanya orasi, namun kami juga membuka stand sehat yang berisi pengecekan tekanan darah, asam urat, dan gula darah yang bertempat di Lapangan Puputan Badung.

0