Diabettes Millitus (DM) merupakan sebuah penyakit metabolik yaitu terjadi peningkatan kadar gula dalam darah (hiperglikemia) karena terganggunya produksi hormon insulin dalam tubuh. Hormon insulin itu sendiri diproduksi oleh pankreas, gangguan yang terjadi pada pankreas tersebut menyebabkan terganggunya produksi hormone insulin itu sendiri sehingga dapat mengindikasi terjadinya DM. 3

Kondisi terganggunya pankreas pada penderita DM, menimbulkan sebuah pertanyaan, apakah terganggunya pankreas tersebut memiliki risiko untuk menjadi kanker pankreas? Berdasarkan dari beberapa studi epidemiologi, antara DM dengan kanker pankreas menunjukkan hubungan yang kompleks dan dua arah. Diabetes mellitus menjadi faktor predisposisi pada kanker pankreas sehingga risiko bisa meningkat 1,5 sampai 2 kali lipat.4 Data dari American Cancer Society’s Cancer Facts & Figures tahun 2013, menyatakan 25% pasien kanker pankreas melalui diagnosis juga memiliki DM dan sebanyak 40% berada pada kondisi pre-diabetes, untuk pasien yang sudah menderita DM tipe 2 selama 5 tahun memiliki risiko 50% menderita kanker. 5
Hubungan DM dengan kanker pankreas juga dipengaruhi oleh durasi. Pasien yang menderita DM dalam jangka waktu yang cukup lama lebih sulit untuk selamat dibandingkan dengan pasien yang baru mengalami DM.4 Pada beberapa kasus juga ditemukan kanker pankreas merupakan penyebab penyakit DM.1 Jadi dapat disimpulkan antara DM dan kanker pankreas memiliki hubungan dua arah, dan salih berkaitan.

Referensi :
1. Eibl G, Cruz-Monserrate Z, Korc M, Petrov MS, Goodarzi MO, Fisher WE, Habtezion A, Lugea A, Pandol SJ, Hart PA, Andersen DK. Diabetes mellitus and obesity as risk factors for pancreatic cancer. Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics. 2018 Apr 1;118(4):555-67.
2. Kharroubi AT, Darwish HM. Diabetes mellitus: The epidemic of the century. World journal of diabetes. 2015 Jun 25;6(6):850.
3. Pizzato M, Turati F, Rosato V, La Vecchia C. Exploring the link between diabetes and pancreatic cancer. Expert review of anticancer therapy. 2019 Aug 3;19(8):681-7.
4. Risch HA. Diabetes and pancreatic cancer: both cause and effect.

error0