Fakta Fibroadenoma

Artikel Edisi Awal Juni 2019

STAFF PENELITIAN KOMPAK FK UNUD

Fibroadenomama (FAM) merupakan salah satu jenis tumor jinak payudara yang berasal dari jaringan fibrous stroma serta epitel lobulus pada payudara. Kejadian fibroadenomama ini lebih tinggi pada ras India serta Afrika (Mansel, 2010). Fibroadenomama biasanya terjadi pada usia remaja hingga dewasa, dengan insiden tertinggi pada kelompok usia 21-25 tahun. Pada umumnya, fibroadenomama tidak tumbuh dengan progresif, dengan 80% kasus tidak mengalami pertumbuhan serta 15% kasus mengalami regresi. Tumor ini sedikit berisiko untuk menjadi keganasan (kanker payudara), terutama bagi tumor dengan gambaran sel yang kompleks serta ukuran yang besar (Morrow, 2000).

Fibroadenomama ditandai dengan adanya masa (pembenjolan) dengan pertumbuhan yang lambat, dengan konsistensi padat, batas tegas, permukaan rata, sangat mobile dan tidak adanya nyeri (Mansel, 2010). Terdapat beberapa jenis fibroadenomama yaitu berdasarkan jumlah FAM dalam salah satu sisi payudara, Tubular Adenoma, Lactating Adenoma, Juvenile FAM, serta Giant FAM (berukuran > 5cm). Untuk memastikan diagnosis FAM, tentunya diperlukan pemeriksaan klinis . Biopsi FNA (Fine Needle Aspiration) dapat dilakukan bila pada pemeriksaan klinis meragukan. Pada penderita berusia lebih dari 35 tahun, perlu dilakukan pemeriksaan mamografi (Suyatno, 2015).

FAM yang ditemukan pada remaja yaitu penderita berusia kurang dari 30 tahun, terapi tidak perlu diberikan, namun observasi klinis selama 2 tahun dan bila tidak terdapat perubahan maka penderita tidak perlu khawatir karena FAM tersebut tidak berisiko keganasan, namun penderita perlu rutin melakukan SADARI (Pemeriksaan Payudara Sendiri) sebagai tindakan deteksi dini. Namun bila terdapat peningkatan ukuran, serta menginginkan untuk tindakan pembedahan, maka pembedahan (eksisi) dapat dilakukan (Mansel, 2010).

Oleh : Staff Penelitian Kompak FK Unud

DAFTAR PUSTAKA :

Mansel RE, Webster DJT, Sweetland HM. 2010. Benign Disorders and Bisease of the Breast. 3rd . Saunders Elsevier. 41-43.

Morrow, Monica. 2004. “The Evaluation of Common Breast Problems.” American Academy of Family Physicians. <http://www.aafp.org/afp/2000041 5/2371.html>.

Suyatno. 2015. Peran Pembedahan Pada Tumor Jinak Payudara. Majalah Kedokteran Andalas. 38(1) 15-16.

error0