Kanker Lambung

Edisi Februari

                Kanker lambung adalah keganasan yang berasal dari mukosa lambung, dengan angka kejadian tertinggi ke lima di dunia, dan menempati urutan ketiga sebagai kanker penyebab kematian terbanyak di dunia. Sekitar 60% dari kasus kanker lambung terjadi di negara berkembang, dan insiden penyakit ini dijumpai lebih banyak di negara Jepang, dibandingkan dengan negara Amerika Serikat (Ferlay dkk., 2015). Kanker lambung merupakan suatu penyakit dengan proses bertahap dan disebabkan oleh banyak faktor.

Adenokarsinoma adalah jenis kanker lambung yang paling sering terjadi. Adenokarsinoma merupakan kondisi kerika sel kanker menyerang sel – sel pada lapisan dalam lambung yang memproduksi mucus (Canadian Cancer Society, 2015). Menurut klasifikasi Lauren, terdapat tiga tipe kanker lambung, yaitu tipe intestinal, tipe difus, dan tipe inderteminate. Perbedaanya terdapat pada karakteristik sel tumor dan tingkat kejadiannya. Pada kanker lambung tipe intestinal, sel kanker tumbuh dengan lambat dan lebih banyak ditemukan pada laki – laki dan lansia. Sedangkan karakteristik sel kanker lambung tipe difus bersifat agresif, cenderung menyebar lebih cepat jika dibandingkan dengan tipe intestinal, dan tingkat kejadiannya lebih tinggi pada wanita serta usia dewasa muda (Gautama, 2016).

                Para ahli berpendapat bahwa terjadinya kanker lambung ini merupakan proses berlanjut yang dimulai dari peradangan lambung kronis. Hal tersebut dapat penyusutan jaringan lambung, berkurangnya produksi asam lambung dan berakhir terbentuknya kanker lambung. Terdapat beberapa faktor lainnya yang meningkatkan risiko seseorang terhadap kanker lambung, diantaranya adalah infeksi Helicobacter pylori, asupan garam, alkohol dan asap rokok, serta riwayat operasi lambung setelah 5-10 tahun.

Oleh: Staff Penelitian KOMPAK FK UNUD

Sumber:

Canadian  Cancer  Society.  2015. Grading  and  classification  of  stomach  cancer  [Internet].    [Diakses pada 2 Februari 2018].  Tersedia di:  http://www.cancer.ca/en/cancer-information/cancer-type/stomach/grading/?region=on

Ferlay J, Soerjomataram I, Dikshit R, Eser S, Mathers C, Rebelo M, dkk. 2015. Cancer incidence and mortality worldwide: Sources, methods and major patterns in GLOBOCAN 2012. Int J Cancer;136:359-86.

Gautama C. 2016. Sistem Klasifikasi Histopatologik Kanker Lambung. CDK-244; 43(9);701-704.

Lumongga F. 2008. Karsinoma Dini Lambung. USU Repository.

0