Mitos atau Fakta Seputar Kanker

Artikel Edisi Awal Januari 2019

STAFF PENELITIAN KOMPAK FK UNUD

Menurut studi literatur yang dilakukan oleh Professor Rosalie David, kanker adalah penyakit modern, dibuat oleh manusia dan disebabkan oleh faktor lingkungan seperti polusi, dan asupan makan. Pada studinya, beliau menjelaskan literatur kuno Mesir dan Yunani mengenai diagnosis histologis kanker pertama pada mumi Mesir. Pada investigasi mumi Mesir, dinyatakan bahwa langka sekali penemuan ciri – ciri dan diagnosis kanker. Begitu juga pada literatur ilmiah yang membahas mengenai fosil hewan, dan manusia purba, hanya ditemukan beberapa lusin dari penemuan tersebut yang melaporkan kemungkinan neoplasma dan metastasis pada sisa – sisa fosil. Metastasis diketahui telah dilaporkan pada fosil Edmontosaurus (David dan Zimmerman, 2010).

Terdapat beberapa dugaan yang menjadi penyebab langkanya ditemukan tumor dan kanker pada manusia purba, yaitu rentang hidup yang pendek pada zaman purba yang menghalangi perkembangan kanker, yaitu rentang usia berkisar 40 – 50 tahun. Namun terdapat bukti lainnya yang menunjukan manusia pada zama purba mampu hidup hingga usia lanjut karena dapat mngembangkan beberapa penyakit degeneratif seperti atherosklerosis, arthritis dan Paget’s disease. Begitu juga pada populasi modern, keganasan pada tulang umumnya terjadi pada usia muda. Sehingga penyebab kelangkaan kanker pada manusia di zaman purba bukanlah angka harapan hidup.

Penjelasan lainnya untuk kelangkaan kanker dan tumor pada penemuan kuno adalah sisa – sisa manusia purba tidak terpelihara dengan baik. Namun menurut penelitian eksperimental Dr. Zimmerman mengindikasikan bahwa proses mumifikasi menyebabkan sel dan jaringan penanda keganasan lebih terjada dibandingkan dengan jaringan normal. Professor Rosalie David juga berpendapat bahwa faktor lingkungan karsinogenik yang berperan penting pada 75% dari kanker manusia, dan kelangkaan kanker di zaman kuno menunjukkan faktor – faktor lingkungan karsinogenik tersebut terbatas pada masyarakat yang telah dipengaruhi oleh gaya hidup modern seperti penggunaan tembakau dan polusi yang dihasilkan dari industrialisasi (David dan Zimmerman, 2010).

Oleh : Staff Penelitian Kompak FK Unud

Daftar Pustaka :

David, A. dan Zimmerman, M. (2010). Cancer: an old disease, a new disease or something in between?. Nature Reviews Cancer, 10(10), pp.728-733.

0