Fakta Kanker Kulit

Artikel Edisi Awal Maret 2019

STAFF PENELITIAN KOMPAK FK UNUD

Kanker kulit merupakan tumor ganas yang dapat menyerang lapisan pada kulit, yang biasanya terjadi di epidermis. Terdapat tiga jenis kanker kulit, yaitu Basal Cell Carcinoma, Squamous Cell Carcinoma, dan melanoma.1 Kanker kulit terutama disebabkan oleh faktor lingkungan seperti paparan radiasi ultraviolet dari sinar matahari dan paparan zat kimia. Selain itu, faktor internal dari seorang individu juga dapat meningkatkan risiko terkena kanker kulit, seperti faktor genetik, pigmentasi kulit, dan sistem kekebalan tubuh.1,2 Kanker kulit cenderung lebih banyak ditemui pada individu berkulit terang daripada yang berkulit gelap.3  Rendahnya kadar pigmen pada individu berkulit terang menyebabkan rendahnya toleransi kulit mereka terhadap paparan radiasi ultraviolet. Berbeda dengan mereka, individu yang berkulit gelap memiliki lebih banyak pigmen dalam kulit mereka.4 Namun apakah hal ini berarti mereka yang berkulit gelap aman dari kanker kulit?

Faktanya, insiden kanker kulit pada individu berkulit gelap tetap terjadi walaupun dengan jumlah yang jauh lebih sedikit. Walaupun epidermal melanin pada individu berkulit gelap dapat menyaring radiasi ultraviolet hingga dua kali lipat dibandingkan dengan berkulit terang, paparan radiasi ultraviolet yang melebihi batas yang dapat disaring pigmen tubuh tetap dapat menyebabkan kanker kulit. Selain itu, kanker kulit pada individu yang berkulit gelap seringkali terdiagnosis pada stadium yang telah lanjut. Hal ini disebabkan gejala kanker kulit pada individu berkulit gelap sering tidak terlihat dengan jelas. Pada melanoma, kanker kulit yang paling mematikan, ketidaknormalan kulit biasanya terjadi pada bagian tubuh yang jarang diperhatikan seperti telapak kaki dan tangan, kuku, atau permukaan mukosa mulut atau alat kelamin. Faktor lain yang menyebabkan keterlambatan diagnosis adalah kurangnya wawasan masyarakat awam akan faktor risiko dan cara mencegah kanker kulit, dan pemahaman yang salah seperti individu yang berkulit gelap akan terlindungi sepenuhnya dari paparan radiasi matahari yang berbahaya. Hal-hal tersebut menyebabkan angka kematian kanker kulit pada individu yang berkulit gelap cukup tinggi. Oleh karena itu sangatlah penting untuk menanamkan kesadaran mengenai kanker kulit ke semua kalangan dan riset lebih lanjut mengenai kanker kulit pada individu berkulit gelap.4

Oleh : Staff Penelitian Kompak FK Unud

DAFTAR PUSTAKA

  1. Qadir M. Skin cancer : Etiology and management. Pakistan journal of pharmaceutical sciences. 2016;29(3):999-1003.
  2. Silpa S, V C. A review on skin cancer. International Research Journal of Pharmacy. 2013;4(8):83-88.
  3. Apalla Z, Nashan D, Weller R, Castellsagué X. Skin Cancer: Epidemiology, Disease Burden, Pathophysiology, Diagnosis, and Therapeutic Approaches. Dermatology and Therapy. 2017;7(S1):5-19.
  4. Gupta A, Bharadwaj M, Mehrotra R. Skin Cancer Concerns in People of Color: Risk Factors and Prevention. Asian Pasific Journal of Cancer Prevention. 2016;17(12):5257-5264.
error0