Alpukat Dapat Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker? 

Alpukat Dapat Menghambat Pertumbuhan Sel Kanker?

Siapa yang tidak kenal dengan alpukat? Buah yang kerap kali dikonsumsi dalam bentuk minuman ini sudah pasti tidak asing di telinga kita. Selain kehadirannya dalam minuman dan makanan yang lezat, alpukat juga menyimpan manfaat yang berlimpah. Salah satunya adalah sebagai makanan yang dapat menjadi antikanker. Benarkah demikian?
Alpukat merupakan buah yang kaya akan protein, serat, antioksidan seperti vitamin C dan E, serta kaya akan fitokimia. Dengan kandungan alpukat yang beragam inilah, peneliti mencoba menemukan adanya manfaat alpukat dalam pertumbuhan sel kanker. Senyawa fitokimia dari alpukat diketahui memiliki kemampuan dalam menghambat pertumbuhan sel kanker. Pada penelitian yang dilakukan sebelumnya, fitokimia pada ekstrak buah alpukat mampu menghambat transmisi pertumbuhan sinyal dan menginduksi apoptosis pada sel tumor pada pertumbuhan sel kanker oral dan sel pre-kanker.1,2,4 Penelitian lainnya juga menunjukkan bahwa komponen pada alpukat memiliki kandungan sebagai kemoprotektif, dimana alpukat memiliki kemampuan untuk mereduksi efek genotoksik yang merupakan efek samping dari obat kemoterapi yang dikonsumsi pasien kanker.3
Walaupun hasil penelitian tersebut menunjukkan hasil yang signifikan, penting untuk diketahui bahwa penelitian tersebut masih menggunakan kultur sel dan masih memerlukan studi lebih lanjut. Dalam kata lain, selain mengatur pola makan dengan mengonsumsi buah-buahan dan makanan yang bergizi, kita juga perlu mengatur pola hidup yang sehat agar dapat mengurangi risiko kanker.

REFERENSI:
1. Larijani LV, Ghasemi M, Abediankenari S, Naghshvar F. Evaluating the Effect of Four Extracts of Avocado Fruit on Esophageal Squamous Carcinoma and Colon Adenocarcinoma Cell Lines in Comparison with Peripheral Blood Mononuclear Cells. Acta Medica Iranica. 2014. 52(3); 202-205.
2. Ding H, Han C, Guo D, et al. Selective induction of apoptosis of human cancer cell lines by avocado extract via a ROS-mediated mechanism. Nutr Cancer 2009;61(3):348-56.
3. Paul R, Kulkarni P, Ganesh N. Avocado fruit (Persea americana Mill) exhibits chemo-protective potentiality against cyclophosphamide induced genotoxicity in human lymphocyte culture. J Exp Ther Oncol 2011;9(3):221-30.
4. D’Ambrosio SM, Han C, Pan L, et al. Aliphatic acetogenin constituents of avocado fruits inhibit human oral cancer cell proliferation by targeting the EGFR/RAS/RAF/MEK/ERK1/2 pathway. Biochem Biophys Res Commun 2011;409(3):465-9.